Logo Caribakatmu 800x200

5 Politeknik Terbaik di Indonesia 2022

5 Politeknik Terbaik di Indonesia 2022
0 Shares

Kamu pengen kuliah tapi lebih suka praktik daripada teori? Politeknik adalah solusinya. Kamu dapat memilih di antara politeknik terbaik di Indonesia 2022 berdasarkan pemeringkatan Webometrics edisi Juli 2022 ini.

Kuliah di Politeknik sederhananya menyerupai SMK namun pada tingkat yang lebih tinggi. Politeknik menawarkan disiplin ilmu yang lebih spesifik. Mahasiswa dapat memilih jurusan sesuai minat yang dimiliki dan langsung mempelajarainya secara lebih mendalam.

Secara rutin Webometrics melakukan pemeringkatan perguruan tinggi termasuk politeknik. Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol. Pemeringkatan Webometrics dilakukan dengan berbasis web perguruan tinggi yang telah dilakukan sejak 2004.

Berikut politeknik terbaik Indonesia 2022 berdasarkan penilaian Webometrics edisi Juli 2022:

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Politeknik ini resmi berdiri sejak tahun 1988. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali.

Sebelumnya PENS merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Pada tahun 2012 mulai terjadi proses transisi menjadi perguruan tinggi yang mandiri. Kemandirian itu dimulai sejak nama PENS tak lagi masuk dalam statuta ITS. Termasuk status mahasiswa dan pembuatan statuta baru untuk PENS. Mahasiswa yang dulu diterima oleh Direktur ITS ketika penerimaan mahasiswa baru maka tetap menjadi mahasiswa PENS-ITS dengan ijazah yang dikeluarkan oleh ITS. Sedangkan mahasiswa angkatan 2012 ke atas sudah tidak lagi sebagai mahasiswa ITS melainkan menjadi mahasiswa PENS.

PENS memiliki 4 departemen yaitu:

  • Departemen Teknik Elektro
  • Departemen Teknik Informatika dan Komputer
  • Departemen Teknik Mekanika Energi
  • Departemen Teknologi Multimedia Kreatif

Di samping menyelenggarakan pendidikan profesional Diploma 3, lama studi 3 tahun, dengan gelar akademiknya Ahli Madya (A.Md). PENS juga memiliki program D4 (4 tahun) yang setara dengan S1 dengan gelar akademiknya Sarjana Sains Terapan (S.ST) dan program pascasarjana.

Bagi kamu yang ingin masuk di PENS bisa melalui jalur SNMPTN, SNMPN, SBMPTN, SBMPN dan SIMANDIRI.

2. Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL)

Politeknik Negeri Lhokseumawe merupakan satu-satunya Politeknik Negeri yang berada di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Kampus ini dibangun pada tahun 1985, pada awalnya bernama Politeknik Unsyiah yang merupakan bagian dari Universitas Syiah Kuala.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 100/0/1997, tanggal 9 Mei 1997 Politeknik yang dulunya merupakan bagian dari Universitas Syiah Kuala dinyatakan kemandiriannya sebagai Perguruan Tinggi Negeri yaitu Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Politeknik Negeri Lhokseumawe disamping menyelenggarakan pendidikan profesional Diploma 3, lama studi 3 tahun, dengan gelar akademiknya Ahli Madya (A.Md). Juga memiliki program D4 (4 tahun) yang setara dengan S1 dengan gelar akademiknya Sarjana Sains Terapan (S.ST).

PNL memiliki 6 jurusan yang dapat kamu pilih, yaitu:

  • Teknik Sipil
  • Teknik Kimia
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Tata Niaga
  • Teknologi Informasi Komputer

Untuk masuk di PNL bisa melalui jalur SNMPTN, SNMPN, SBMPTN, SBMPN dan Seleksi Mandiri.

3. Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe)

Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau lebih dikenal sebaga Politani Negeri Kupang didirikan untuk menghasilkan lulusan dengan tingkat kompetensi tinggi dalam bidang ilmu pertanian, khususnya pertanian lahan kering.

Lulusannya akan dibekali dengan jiwa kewirausahaan sehingga pengetahuan dan keterampilannya dapat ditransformasikan ke dalam bentuk kegiatan ekonomi produktif. Mereka pun dituntut mampu menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan teknologi dalam bidang pertanian bagi kesejahteraan masyarakat.

Politanikoe memiliki 5 jurusan tingkat D3 dan D4, yaitu:

  • Jurusan Peternakan
  • Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering
  • Jurusan Tanaman Pangan & Hortikultura
  • Jurusan Kehutanan
  • Jurusan Perikanan & Kelautan

4. Politeknik TEDC Bandung

Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi jalur profesional unggulan dalam bidang rekayasa dan bisnis yag bernaung dibawah Yayasan Daya Juang Bangsa dengan Akta Notaris Ari Prio Buntoro SH. Politeknik TEDC Bandung berdiri atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 73/D/O/2002 dan SK Dikti Nomor : 1995/O/7/2002 sebagai upaya memenuhi tuntutan masyarakat akan tenaga ahli madya professional yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri, perusahaan nasional maupun internasioanal baik instansi pemerintahan maupun swasta, dalam menyongsong era globalisasi.

Pada saat ini Politeknik TEDC Bandung memiliki 7 (tujuh) program studi Diploma III dan 5 (lima) program studi Diploma IV.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional, Politeknik TEDC Bandung mempersiapkan lulusannya untuk dapat langsung berperan dalam tugas-tugas operasional di Industri. Pada dasarnya industri yang dibidik oleh Politeknik TEDC Bandung adalah industri dalam bidang bisnis jasa pendidikan Teknik dan Kesehatan.

5. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan satu-satunya politeknik negeri yang membidangi perkapalan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Cikal bakal berdirinya Politeknik Perkapalan adalah adanya Program Non Gelar PAT (Pendidikan Ahli Teknik) ITS Jurusan Teknik Perkapalan tahun 1979 yang berkampus di Jalan Basuki Rachmad Surabaya.

Tahun 1991 diubah menjadi Politeknik Perkapalan Surabaya dan tidak lagi dibawah struktur organisasi Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) namun masih merupakan bagian dari ITS.

Tahun 1995 naman politekni ini diubah lagi menjadi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Dan tahun 2014 secara resmi dinyatak sebagai perguruan tinggi yang mandiri.

PPNS sebagai pendidikan vokasi memiliki kurikulul yang mendukung untuk langsung terjun ke industri. Selain itu, PPNS juga menyediakan career coaching dari jon placement PPNS pra-wisuda.

Politanikoe memiliki 3 jurusan tingkat D3 dan D4, yaitu:

  • Teknik Bangunan Kapal
  • Teknik Permesinan Kapal
  • Teknik Kelistrikan Kapal

Dan 1 jurusan tingkat pascasarjana yaitu Teknik Keselamatan dan Resiko.

Itulah informasi mengenai 5 politeknik terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics edisi Juli 2022. Informasi ini bisa menjadi salah satu referensi kamu dalam menentukan pilihan kampus setelah menyelesaikan studi di jenjang menengah atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *