Logo Caribakatmu 800x200

6 Prospek Kerja Jurusan Pertanian

0 Shares

6 Prospek Kerja Jurusan Pertanian

Keberadaan jurusan pertanian bukanlah hal baru di pendidikan Indonesia. Bahkan, di beberapa perguruan tinggi pertanian memiliki fakultas tersendiri.

Jurusan pertanian adalah jurusan yang mempelajari berbagai hal tentang pertanian serta kaitannya dengan lingkungan dan kelangsungan hidup manusia. Walaupun sudah lama ada, lulusan pertanian masih tetap dicari.

Jurusan pertanian terus mengalami perkembangan seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang beragam. Kini sudah ada jurusan agribisnis, agroteknologi, hingga proteksi tanaman.

Lulusan jurusan pertanian akan mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (SP) dan berkarir di bidang pertanian.

Prospek kerja untuk jurusan ini masih terbuka lebar. Berikut enam prospek kerja jurusan pertanian.

6 Prospek Kerja Lulusan Pertanian

1. Konsultan Pertanian
Seorang konsultan bertugas memberi saran dalam sektor industri pertanian. Prospek kerja Pertanian ini dituntut untuk bisa membimbing manajemen sumber daya pertanian dan manusia. Konsultan pertanian akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam dipersivikasi berbagai usaha tani. Bagi lulusan pertanian, kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk memulai karir dengan gaji berkisar Rp 5-10 juta.

2. Industri Pangan
Perusahaan yang bergerak di bidang pangan bisa jadi kesempatan bagi lulusan pertanian. Gaji dari profesi ini berkisar Rp 5-10 juta.

3. Akademisi
Profesi ini cocok bagi kamu yang ingin menjadi dosen maupun guru biologi SMA. Seorang sarjana pertanian juga bisa mengajar biologi karena semasa kuliah banyak mempelajari lingkup tentang biologi. Gaji yang ditawarkan pun mulai dari Rp 5 juta dan akan bertambah sesuai prestasi.

4. Peneliti
Melalui berbagai penelitian dan praktikum, bisa menjadi bekal sebagai seorang peneliti. Gaji dari profesi ini mulai Rp 7 juta hingga puluhan juta rupiah.

5. Wirausahawan
Tak ingin kerja untuk perusahaan? Kamu juga bisa menjadi wirausahawan. Bisnis yang ditekuni tentunya mengenai sektor pertanian dengan gaji tak terbatas.

6. PNS
Terakhir, lulusan sarjana pertanian juga bisa bekerja di Dinas Pertanian dan perkebunan sebagai PNS. Gajinya pun menjanjikan yaitu mulai dari Rp 5-20 juta.

Itulah prospek kerja jurusan pertanian di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *