Logo Caribakatmu 800x200

Lakukan Ini, Langsung Kena DO di STAN

5 Universitas dengan Alumni Terbanyak di Kemenkeu
0 Shares

Lakukan Ini, Langsung Kena DO di STAN

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN 2023 telah ditutup tanggal 30 April yang lalu. Kamu yang sudah mendaftar bisa meneruskan proses selanjutnya sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kuliah di sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan tersebut akan memberikan banyak manfaat kepada para mahasiswanya. Salah satunya adalah bebas uang kulaih hingga mendapat asrma selama satu tahun.

Dalam asrama, mahasiswa akan dididik untuk memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai yang harus dipegang oleh Aparatur Sipil Negera (ASN).

Lain halnya dengan kehidupan asrama, PKN STAN memiliki kehidupan akademik yang juga menarik.

Kehidupan Akademik PKSN STAN

Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto Ak MAcc MBA PhD mengungkapkan mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan tatap muka minimal sebanyak 80% dari total kehadiran.

Sedangkan untuk lulus, mahasiswa harus memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal setiap semesternya. Hal ini, berbeda dengan kampus lainnya.

STAN mensyaratkan mahasiswa harus memenuhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 2,75 sesuai dengan syarat menjadi ASN. IPK ini harus didapat selama satu tahun yang berarti dua semester bukan setiap semesternya.

“Kita tidak IPK total karena khawatir mahasiswa tidak semangat dari awal, nilainya rendah dan tidak lulus. Setiap tahun kita pastikan IPK mahasiswa minimal 2,75,” ujar Rahmadi dalam acara InSTAN yang digelar Senin (10/4/2023) dikutip dari laman detik.com.

Untuk mahasiswa baru, karena sedang mengalami proses penyesuaian, IPK semester pertama yang harus dicapai minimal 2,60. Tapi selama satu tahun bila digabung mahasiswa harus tetap mencapai IPK 2,75.

Terkait akademik pastikan kamu tidak memiliki nilai D di salah satu mata kuliah tertentu yang dianggap penting. Walaupun IPK memenuhi standar minimal, tapi bila detikers memiliki nilai D bisa dianggap tidak lulus pada semester itu.

Meski begitu, PKN STAN tetap mengadakan ujian ulang untuk mahasiswa yang memiliki nilai D. Selain itu pihak kampus juga menyediakan berbagai bimbingan belajar agar mahasiswa tetap memiliki nilai yang baik.

Lakukan Ini Maka Kamu Akan Kena DO

1. Menyontek

Menyontek dianggap menjadi dosa besar yang ada di PKN STAN. Mahasiswa yang ketahuan mencontek dan ada buktinya, detikers bisa disidang dan langsung dikeluarkan dari PKN STAN.

2. Berkelahi

Berkelahi atau melakukan kekerasan pada siapapun juga dianggap menjadi dosa besar yang ada di PKN STAN.

3. Merusak fasilitas

Merusak fasilitas yang ada di area asrama atau kampus PKN STAN juga dianggap sebagai kesalahan besar.

Selain tiga dosa besar di atas, ada beberapa kesalahan yang mungkin dianggap ringan oleh pendidik PKN STAN. Bila mengalami hal ini, kamu bisa mendapat hukuman skorsing.

Untuk diingat, tiga dosa besar ini perlu diketahui calon mahasiswa PKN STAN. Karena Rahmadi menyatakan banyak mahasiswa yang terkena drop out karena menyontek.

“Cukup banyak yang drop out secara karakter karena menyontek paling tidak di semester lalu. Namun, di akademis hanya satu,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *