Logo Caribakatmu 800x200

Ini Keunggulan Kuliah di Politeknik

Ini Keunggulan Kuliah di Politeknik
0 Shares

Ada beragam jenis pendidikan tinggi di Indonesia. Yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, sekolah kedinasan dan politeknik. Tahukah kamu kalau politeknik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan universitas?

Jika kamu sekarang masih duduk di bangku SMA, SMK atau MA, kamu perlu mempertimbangan beberapa hal sebelum memilih kampus dan jurusan untuk berkuliah nantinya. Mulai dari jurusan yang diidamkan, prospek lulusan jurusan, hingga keunggulan yang dimiliki kampus seperti politeknik.

Berikut keunggulan politeknik yang bisa jadi pertimbangan kamu.

1. Sudah teruji, pendidikan politeknik sudah dikembangkan sejak 1980-an

Banyak masyarakat yang belum mengenal pendidikan politeknik meskipun pendidikan ini telah dikembangkan oleh Pemerintah sejak tahun 1980-an. Pendidikan Politeknik adalah perguruan tinggi dengan jalur vokasi atau jalur keahlian.

2. Lebih spesifik dan praktis

Kelebihan politeknik berikutnya yaitu menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik. Ini memungkinkan para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun pada tingkat pendidikan lebih tinggi. Ini artinya, ketika para mahasiswa menempuh pendidikan di sana, mereka akan diberikan ilmu yang langsung berkaitan dengan pekerjaan pada bidang tersebut.

Sebagai contoh, Anda memiliki minat tinggi terhadap bidang teknologi multimedia, maka ada baiknya memilih politeknik yang menawarkan jurusan tersebut dengan lulusan berkualitas terbaik serta handal di bidangnya.

3. Lebih banyak praktek dibandingkan teori

Sangat disayangkan kalau pemenuhan tenaga kerja pelaksana di Indonesia malah dipenuhi dari negara-negara tetangga seperti India, China, Jepang, dan Korea Selatan. Kondisi inilah yang bakal terjadi di pasar bebas seperti saat ini, jika sumber daya lulusan kita yang kurang terampil beradaptasi dengan kondisi lapangan, sehingga tidak dapat memenuhi kualifikasi industri.

Berbeda dengan program pendidikan akademik, program pendidikan di politeknik lebih mengutamakan praktik dibandingkan teori, yang disesuaikan dengan yang digunakan dalam industri.

4. Mendukung peningkatan berbagai softskill

Selepas lulus kuliah, setiap individu dituntut untuk memiliki keterampilan teknis (hard skill). Namun, memiliki keterampilan non teknis (soft skill) juga tidak kalah pentingnya, dari cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan politeknik yang patut dipertimbangkan yaitu institusi pendidikan ini mempelajari beragam keterampilan non teknis.

Contohnya mahasiswa pada jurusan animasi tidak hanya mempelajari cara atau teknik-teknik dalam membuat motion graphic, menggambar karakter, atau membuat model 3D, namun juga akan diajak untuk mengasah kreativitas.

Secara umum, untuk soft skill yang dilatih pada mahasiswa politeknik antara lain:

  • Kreativitas
  • Menciptakan inovasi
  • Kedisiplinan
  • Adaptasi dengan lingkungan kerja
  • Problem solving, dll.

5. Lulusan politeknik aiap terjun ke sunia kerja

Pendidik politeknik dalam menjalankan kegiatan pendidikannya harus bekerja sama dengan industri dalam rangka menghasilkan lulusan yang siap kerja. Industri harus membantu politeknik khususnya untuk tempat kegiatan praktik kerja atau magang, sehingga para mahasiswa politeknik sudah memiliki pengalaman industri yang cukup untuk menghadapi dunia kerja, bahkan sebelum lulus kuliah.

Dengan ilmu dan pengalaman praktek yang dimiliki, lulusan politeknik menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja. Para mahasiswa politeknik umumnya memiliki pengalaman lebih dalam hal bekerja secara nyata. Karena sudah lebih dulu mengenal serta akrab dengan atmosfer kerja sejak kuliah.

6. Banyak perusahaan yang mencari lulusan diploma

Dari hasil tracer studi yang telah dilakukan oleh beberapa politeknik, menunjukan bahwa yang paling diminati oleh industri atau dunia kerja adalah lulusan dari program Diploma III, karena Industri cenderung membutuhkan tenaga pelaksana pada level menengah. Informasi ini yang sering kali luput dari perhatian masyarakat, karena pemahaman yang masih kurang tentang pendidikan politeknik ini.

7. Belajar ilmu terapan populer di luar negeri

Pemahaman masyarakat di Indonesia terhadap pendidikan vokasi salah satunya politeknik sangat berbeda dengan keadaan di beberapa negara maju khususnya yang terkait dengan politeknik. Masyarakat di beberapa negara maju seperti Australia, Swiss, German, ternyata lebih menyukai pendidikan politeknik karena cepat bekerja setelah lulus.

Jadi itulah beberapa keunggulan politeknik dibanding universitas atau pendidikan tinggi lain. Apakah kamu tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *