Logo Caribakatmu 800x200

Kamu Suka Nongkrong? Jurusan-Jurusan Ini Cocok untuk Kamu

Kamu Suka Nongkrong? Jurusan-Jurusan Ini Cocok untuk Kamu
0 Shares

Apakah kamu termasuk orang yang suka nongkrong dan bersosialisasi dengan banyak orang? Apakah kamu memiliki bakat berbicara, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan orang lain? Apakah kamu ingin menyalurkan minat dan kemampuan kamu di dunia perkuliahan? Jika jawaban kamu ya, maka kamu beruntung, karena ada banyak jurusan kuliah yang cocok untukmu.

Orang yang suka nongkrong dan bersosialisasi biasanya memiliki kepribadian yang ekstrovert, yaitu orang yang mendapatkan energi dari lingkungan sosial dan orang lain. Orang-orang ekstrovert biasanya memiliki kelebihan dalam hal komunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan kreativitas. Orang-orang ekstrovert juga biasanya memiliki minat dan bakat di bidang-bidang yang berkaitan dengan manusia, seperti seni, budaya, sosial, hukum, politik, dan pendidikan.

Nah, jika kamu merasa memiliki kepribadian, minat, dan bakat seperti itu, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan kuliah berikut ini, yang sesuai dengan tipe orang yang suka nongkrong dan bersosialisasi:

Ilmu Komunikasi

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana manusia berkomunikasi dan mengirimkan pesan melalui berbagai media, seperti lisan, tulisan, gambar, suara, dan gerak. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka berbicara, menulis, dan berkreasi dengan media. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai bidang, seperti jurnalistik, public relations, advertising, broadcasting, dan lain-lain.

Beberapa kampus yang direkomendasikan yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi adalah:

  • Universitas Indonesia (UI), Depok. UI adalah kampus terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023, dan memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Brawijaya (UB), Malang. UB adalah kampus terbaik kedua di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya. UNAIR adalah kampus terbaik ketiga di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Ilmu Komunikasi yang terakreditasi unggul.

Hubungan Internasional

Jurusan ini mempelajari tentang hubungan antara negara-negara di dunia, baik dalam aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun hukum. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka mempelajari isu-isu global, berdiplomasi, dan berhubungan dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang diplomasi, organisasi internasional, pemerintahan, bisnis, dan lain-lain.

Beberapa kampus yang direkomendasikan yang memiliki jurusan Hubungan Internasional adalah:

  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. UGM adalah kampus terbaik kelima di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hubungan Internasional yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD), Jawa Barat. UNPAD adalah kampus terbaik keenam di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hubungan Internasional yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Parahyangan (UNPAR), Bandung. UNPAR adalah kampus swasta terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hubungan Internasional yang terakreditasi unggul.

Psikologi

Jurusan ini mempelajari tentang perilaku, pikiran, dan emosi manusia, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka membantu, memahami, dan menganalisis orang lain. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang kesehatan mental, pendidikan, industri, sosial, dan lain-lain.

Beberapa kampus yang direkomendasikan yang memiliki jurusan Psikologi adalah:

  • Universitas Indonesia (UI), Depok. UI adalah kampus terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Psikologi yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. UGM adalah kampus terbaik kelima di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Psikologi yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya. UNAIR adalah kampus terbaik ketiga di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Psikologi yang terakreditasi unggul.

Hukum

Jurusan ini mempelajari tentang aturan-aturan yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, baik yang bersifat formal maupun informal. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka berdebat, berargumen, dan menegakkan keadilan. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang peradilan, pengacara, notaris, hakim, jaksa, dan lain-lain.

Beberapa kampus yang direkomendasikan yang memiliki jurusan Hukum adalah:

  • Universitas Indonesia (UI), Depok. UI adalah kampus terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hukum yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. UGM adalah kampus terbaik kelima di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hukum yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD), Jawa Barat. UNPAD adalah kampus terbaik keenam di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Hukum yang terakreditasi unggul,

Pendidikan

Jurusan ini mempelajari tentang proses belajar mengajar, baik di tingkat formal maupun informal. Jurusan ini cocok untuk Anda yang suka mengajar, mendidik, dan menginspirasi orang lain. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bidang pendidikan, baik sebagai guru, dosen, kurikulum, peneliti, atau pengembang.

Beberapa kampus yang direkomendasikan yang memiliki jurusan Pendidikan adalah:

  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. UPI adalah kampus terbaik ketujuh di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Pendidikan yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Negeri Malang (UM), Malang. UM adalah kampus terbaik kedelapan di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Pendidikan yang terakreditasi unggul.
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta. UNY adalah kampus terbaik kesembilan di Indonesia versi THE WUR 2023, dan memiliki jurusan Pendidikan yang terakreditasi unggul.

Demikian beberapa contoh jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang suka nongkrong dan bersosialisasi. Tentu masih banyak jurusan lain yang bisa kamu pilih, tergantung pada minat, bakat, dan kemampuanmu. Yang penting, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passionmu, sehingga kamu bisa menikmati dan mengembangkan diri di dunia perkuliahan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jurusan kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *