Logo Caribakatmu 800x200

Mitos dan Realitas: UTBK SNBT 2024 Gelombang 2 Lebih Sulit?

UTBK SNBT 2024 Gelombang 2 Lebih Sulit
0 Shares

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer –Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 sudah ditutup pada 5 April 2024. Pelaksanaan tes gelombang 1 akan digelar 30 April dan 2-7 Mei sedangkan gelombang 2 pada 14-20 Mei 2024.

Menjelang pelaksanaan UTBK SNBT 2024, banyak calon peserta yang merasa cemas dan bingung mengenai kesulitan soal antara Gelombang 1 dan Gelombang 2. Beredar mitos yang menyatakan bahwa soal UTBK SNBT Gelombang 2 lebih sulit dibandingkan Gelombang 1. Namun, seberapa benarkah informasi ini?

Kamu harus memahami bahwa pelaksanaan UTBK dibagi menjadi 2 gelombang. Hal ini dikarenakan adanya keterbatasan jika UTBK SNBT dilaksanakan secara serentak, selain itu ada kemungkinan server tidak kuat hingga mengalami down jika dilaksanakan secara serentak.

Fakta Tentang Kesulitan Soal UTBK SNBT

Pertama-tama, penting untuk memahami bahwa kesulitan soal adalah relatif dan sangat tergantung pada persiapan masing-masing individu. Apa yang dirasakan sulit oleh satu orang bisa jadi mudah bagi yang lain. Oleh karena itu, persepsi tentang kesulitan soal tidak bisa dijadikan patokan yang sama untuk semua peserta.

Sistem Penilaian UTBK SNBT

Sistem penilaian UTBK SNBT menggunakan Teori Respons Butir (Item Response Theory – IRT), yang membedakan bobot tiap soal berdasarkan tingkat kesulitannya. Ini berarti tidak ada sistem pengurangan poin untuk jawaban yang salah atau tidak dijawab. Bobot soal ditentukan setelah semua peserta menyelesaikan ujian, sehingga soal yang banyak dijawab salah oleh peserta akan memiliki bobot yang lebih tinggi.

Mitos vs Realitas

  • Mitos: Soal UTBK Gelombang 2 lebih sulit daripada Gelombang 1.
  • Realitas: Tidak ada bukti yang mendukung klaim ini. Kesulitan soal bersifat subjektif dan tergantung pada persiapan peserta
  • Mitos: Peserta Gelombang 2 mendapat keuntungan karena bisa mendengar cerita dari peserta Gelombang 1.
  • Realitas: Meskipun ada pertukaran informasi, tipe soal UTBK sangat beragam dan tidak akan sama persis antara kedua gelombang

Kritis Terhadap Informasi dan Tak Termakan Isu

Usahakan untuk tidak panik ketika mendengar cerita dari orang lain atau peserta lain yang bilang soal UTBK lebih susah. Pada intinya kamu harus fokus belajar dan ingat bahwa adanya gelombang pada UTBK SNBT 2024 bukan untuk membeda-bedakan peserta. Lagi pula gelombang UTBK SNBT ditentukan oleh sistem ketika pendaftaran berlangsung. Jadi yang membedakan hanya waktu pelaksanaannya.

Jika banyak yang bilang bahwa gelombang 2 sudah dapat review dan persiapannya menjadi lebih lama maka tidak menjadi masalah. Kamu harus ingat bahwa tipe soal UTBK sangatlah beragam, jadi meskipun sudah mendapat cerita bagaimana soal dari gelombang 1 maka soal-soal pada gelombang 2 tidak akan sama persis. Kuncinya harus belajar mendalami materi, perbanyak latihan soal, dan jangan lupa untuk berdoa agar dilancarkan dan dimudahkan saat mengikuti tes UTBK SNBT 2024.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *