Logo Caribakatmu 800x200

Suka Sepak Bola atau Olahraga Lainnya? Intip 5 Jurusan Ini

Suka Sepak Bola atau Olahraga Lainnya? Intip 5 Jurusan Ini
0 Shares

Apakah kamu punya minat yang tinggi di bidang  sepak bola atau olahraga lainnya? Atau tertarik dengan bidang kesehatan jasmani? Maka kamu bisa memilih salah satu jurusan di bawah ini.

Setiap orang yang punya minat olahraga salah satu keinginannya adalah menjadi atlet. Namun, menjadi atlet tidak segampang membalikkan telapak tangan. Perlu latihan keras, konsisten dan kesungguhan.

Namun, kamu tidak perlu meninggalkan minatmu di bidang olahraga. Kamu bisa menyalurkannya melalui kuliah di jurusan yang sesuai.

Berikut 5 jurusan kuliah bidang olahraga:

1. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Program studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah jurusan yang bertujuan menghasilkan lulusan profesional dalam bidang kepelatihan dan pendidikan olahraga dengan kualifikasi sarjana (S1) Pendidikan dengan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Mahasiswa jurusan ini akan dilatih agar bisa menjadi pelatih dan guru olahraga yang memiliki kemampuan akademis, profesionalitas serta mampu berkompetisi dalam dunia global.

Perlu diingat, setiap sekolah mulai tingkat SD hingga SMA pasti membutuhkan guru olahraga. Sehingga setamat kuliah kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang kamu.

Jika kamu berminat di jurusan ini, ini adalah beberapa kampus yang memiliki jurusan pendidikan kepelatihan olahraga terbaik. yaitu, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Riau (Unri).

2. Ilmu Keolahragaan

Jurusan Ilmu Olahraga ini ini mempelajari keterampilan pengelolaan olahraga permainan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, olahraga amatir, olahraga penyandang cacat, olahraga kesehatan, dan kebugaran serta industri olahraga.

Dalam perkuliahan, mahasiswa akan dibekali pendukung dan kompetensi lain, seperti mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Keolahragaan, Dasar-Dasar Ilmu Kedokteran, Keterampilan Berpikir secara Ilmiah, Penanaman Karakter Insan Olahraga, Keterampilan Keolahragaan, Pengelolaan Organisasi Keolahragaan, Penelitian Bidang Keolahragaan, dan Pengalaman Praktik Kerja Lapangan.

Tertarik dengan jurusan ini? Ini 7 universitas jurusan ilmu keolahragaan paling diminati di Indonesia. Yaitu, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Negeri Padang (UNP).

3. Olahraga Rekreasi

Bagi yang berbakat di bidang olahraga, namun tidak ingin menggeluti pekerjaan keguruan, jurusan Olahraga Rekreasi bisa kalian pertimbangkan.

Olahraga rekreasi merupakan aktivitas fisik yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk memperoleh kebugaran jasmani, kesehatan, kegembiraan, membangun hubungan sosial, melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional.

Jurusan Olahraga Rekreasi mengajarkan mahasiswanya banyak hal terkait kegiatan jasmani, anatomi, fisiologi, gizi, keamanan, hingga keselamatan serta relaksasi.

Lulusan jurusan Olahraga Rekreasi diharapkan bisa menjadi seorang tenaga pemasaran rekreasi, manajer tempat wisata, koordinator acara olahraga, hingga pemandu wisata bercorak olahraga.

4. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Selain jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) juga bisa jadi pilihan buat kamu yang memiliki minat terhadap bidang olahraga dan pendidikan, nih.

Jurusan PJKR akan belajar banyak hal terkait kesehatan fisik maupun mental. Mulai dari aturan dalam berolahraga, peningkatan fungsi fisik, nutrisi, strategi dan taktik, hingga metode pengajaran olahraga.

Saat kuliah, mahasiswa PJKR akan menjalani banyak praktik hampir semua jenis olahraga yang ada seperti sepak bola, basket, voli, renang, woodball, hingga atletik. Pasti menyenangkan, kan?

Sama seperti jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, mahasiswa PJKR akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) ketika lulus nanti. Kariernya pun tidak terbatas pada guru olahraga saja, kamu juga bisa bekerja sebagai pelatih pribadi, pelatih atlet, instruktur olahraga, bahkan menjadi pengusaha yang membangun pusat fitness milik sendiri.

5. Fisioterapi

Jurusan fisioterapi sangat dibutuhkan di bidang olahraga karena akan mempelajari anatomi tubuh manusia beserta fungsinya.

Lulusan jurusan ini dibekali keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja masa depan seperti di klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran.

Selain itu, lulusan fisioterapis juga bisa berkarier sebagai seorang fisioterapis serta membuka jasa praktek sendiri sebagai konsultan layanan fisioterapi, seperti untuk atlet atau orang-orang dengan penyakit tertentu.

Itulah 5 jurusan kuliah bidang olahraga yang bisa kamu pilih. Apakah ada incaran kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *