Logo Caribakatmu 800x200

Ternyata ini Alasan Seragam SMA Berwarna Putih Abu-Abu

Ternyata ini Alasan Seragam SMA Berwarna Putih Abu-Abu
0 Shares

Setiap jenjang pendidikan sekolah di Indonesia memiliki seragam yang berbeda warna. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Atas atau SMA memakai seragam putih abu-abu. Pemakaian seragam ini telah ditentukan oleh pemerintah dan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagian besar kamu pasti bertanya, sejak kapan ada apa alasan penggunaan seragam tersebut. Penerapan aturan seragam sekolah di Indonesia bermula pada zaman kolonialisme Belanda dan pendudukan Jepang. Sedangkan di dunia sudah dimulai sejak abad ke-16 di Inggris. Praktik ini kemudian diadopsi oleh negara-negara lainnya, dan saat ini umum dijumpai di seluruh dunia.

Dikutip dari akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kamis (11/08/2022) menjelaskan bahwa seragam sekolah memiliki fungsi untuk mempromosikan kesetaraan sosial di kalangan siswa serta menunjukkan identitas sekolah.

Lalu kenapa harus berwarna putih abu-abu untuk tingkat SMA? Ini penjelasannya.

Arti Warna Putih Abu-Abu

Pemilihan warna tersebut telah diatur dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 Tanggal 17 Maret 1982

Dalam SK tersebut dijelaskan warna-warna seragam resmi untuk Indonesia beserta maknanya.

Warnah putih abu-abu memiliki arti tenang dan dewasa. Hal ini cocok karena usia siswa SMA lebih matang. Maka seharusnya dapat bersikap lebih bijak dibandingkan tingkatan sekolah di bawahnya.

Sejarah Penggunaan Seragam Sekolah di Indonesia

Dikutip dari buku Sejarah SMA/MA Kelas XII IPA karya A. Ferry T. Indratno dkk melalui laman detik.com, penggunaan seragam sekolah di Indonesia diterapkan pada masa kepemimpinan Soeharto.

Pada masa orde baru, semangat nasionalisme masih terasa sangat tinggi. Pemberlakuan seragam pada siswa sekolah sendiri untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat selama peserta didik ada di sekolah.

Menariknya, dahulu seragam sekolah sempat warna-warni. Bahkan salah satu SMA di Yogyakarta tidak mengenal seragam sekolah. Murid-muridnya dibebaskan pergi ke sekolah dengan pakaian yang mereka miliki.

Namun, semenjak kebijakan seragam sekolah diterapkan secara ketat, tidak ada satu sekolahpun di Indonesia yang tidak berseragam.

Sudah tahu alasan kamu diwajibkan pakai seragam sekolah, kan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *