Logo Caribakatmu 800x200

4 Prodi FMIPA UI Raih Akreditasi Internasional

4 Prodi FMIPA UI Raih Akreditasi Internasional
0 Shares

Baru-baru ini empat Program Studi (Prodi) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) meraih akreditasi internasional dari Akkreditierungsagentur fur Studiengange der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) di Jerman.

Akreditasi ASIIN ini adalah untuk penjaminan kualitas suatu program bergelar dalam disiplin ilmu teknik, informatika, ilmu alam dan matematika.

Empat prodi tersebut yakni S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Biologi, dan S1 Geografi terakreditasi ASIIN terhitung mulai 14 Juni 2022 hingga 15 Oktober 2023.

ASIIN merupakan lembaga independen yang berdiri tahn 1999 dan berbasis di Jerman untuk penjaminan kualitas suatu program bergelar dalam displin ilmu Teknik, informatika, ilmu alam, dan matematika.

Sejak tahun 2000, lembaga tersebut memiliki hak untuk memberikan stempel akreditasi dari Dewan Akreditasi Jerman, selain stempel kualitas ASIIN.

Menanggapi akreditasi tersebut, Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik FMIPA UI, Dr. Denny Silaban R. mengatakan, rencana akreditasi internasional dari keempat prodi tersebut telah dimulai pada Januari 2021.

Lalu pada Februari 2021 dibentuk tim ASIIN fakultas dan tim masing-masing prodi, yang bergerak cepat bekerja pada bulan Maret dan membuat satu joint Self Assessment Report (SAR).

“Ternyata keempat prodi dijadikan satu cluster, sehingga harus membuat satu joint SAR,” ungkap dia dalam keterangannya dikutip dari laman kompas.com, Senin (17/10/2022).

Hal ini, kata dia, menjadi tantangan tersendiri karena tim fakultas dan tim keempat prodi harus bekerja bersama dan berkoordinasi secara intens di saat pandemi.

Visitasi ASIIN secara virtual telah dilakukan pada akhir Februari 2022, di antaranya melalui video yang memuat konten sarana dan prasarana berbagai laboratorium di fakultas-fakultas tersebut.

Selain empat prodi di atas, tiga Prodi Pascasarjana FMIPA UI, yaitu S2 Ilmu Fisika, S2 Ilmu Material, dan S2 Biologi, juga sedang dalam persiapan akreditasi ASIIN.

Dengan adanya akreditasi ASIIN ini menjadikan prodi tersebut diakui oleh perguruan tinggi di Jerman dan Eropa. Dan akan memudahkan jalinan kerjasama khususnya dalam bidang riset dan pendidikan dengan berbagai perguruan tinggi di Eropa dan Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *