8 Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Berkarir di Ditjen Pajak

0 Shares

8 Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Berkarir di Ditjen Pajak

Bekerja di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) adalah idaman banyak mahasiswa. Salah satu institusi yang dapat dipilih adalah Direktorat Jenderal (DJP) atau Ditjen Pajak.

DJP mempunyai unit vertikal seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) atau Kantor Wilayah (Kanwil) DJP yang ada di tiap kabupaten, kota hingga provinsi.

DJP akan membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang banyak dari berbagai disiplin ilmu. Bagi kamu yang ingin berkarir di DJP, berikut jurusan kuliah yang dapat kamu pilih:

1. Perpajakan

Jurusan Perpajakan menjadi salah satu sumber daya manusia yang penting di lingkungan. Kebutuhan DJP bagi lulusan Perpajakan seperti pengelola data dan dokumen perpajakan, pengelola data pelayanan perpajakan, pengelola keuangan, pengolah data penagihan pajak, pengolah data pelayanan perpajakan, pengelola keuangan, pengolah data penagihan pajak dan lain sebagainya.

2. Akuntansi

Jurusan akuntasi juga banyak dibutuhkan di DJP. Ada banyak jurusan akuntasi di perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Namun pembukaan lowongan kerja di Ditjen Pajak tidak setiap tahun dibuka. tapi mahasiswa yang mengambil jurusan Akuntansi punya kesempatan besar bekerja di Ditjen Pajak.

3. Hukum

Kantor pemerintah seperti DJP pasti membutuhkan staf legal dalam operasional kantornya. Ini kesempatan untuk mahasiswa jurusan hukum. Melansir dari laman Kemenkeu, sejumlah pejabat di lingkungan Kemenkeu merupakan lulusan dari Sarjana Hukum sejumlah PTN terbaik di Indonesia.

4. Statistika

Jurusan statistika dibutuhkan untuk menganalisa data akademik, analis data dan informasi hingga analis data ekonomi makro dan lain sebagainya.

Lulusan jurusan Statistika bisa menjabat menjadi Tenaga Pengkaji Bidang Sumber Daya Aparatur dan berbagai posisi pekerjaan lainnya di Ditjen Pajak.

5. Jurusan Komputer

Dirjen Pajak membutuhkan dukungan dari kompetensi yang dimiliki lulusan Komputer dan jurusan lain di bidang Informasi Teknologi (IT) untuk mengolah data dan arus informasi.

6. Jurusan Kehutanan

Mahasiswa jurusan Kehutanan juga bisa bekerja di Ditjen Pajak. Buktinya salah satu pegawai di lingkungan Kemenkeu merupakan lulusan S1 jurusan Kehutanan dan menempati posisi sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara.

7. Jurusan Ekonomi

Jelas sekali kalau jurusan Ekonomi masih berkaitan erat dengan pekerjaan yang ada di Ditjen Pajak. Sejumlah posisi di kantor Ditjen Pajak bisa diisi oleh lulusan jurusan Ekonomi. Bahkan pejabat setingkat Kepala Kanwil DJP banyak yang mempunyai dasar pendidikan S1 jurusan Ekonomi.

8. Manajemen

Masih jurusan di bidang keuangan, jurusan Manajemen juga banyak dibutuhkan di kantor Ditjen Pajak. Beberapa posisi yang bisa diisi oleh lulusan Manajemen seperti analis kebijakan lelang, analis keuangan, analis organisasi dan tata laksana, analis perencanaan dan sejumlah posisi lainnya di kantor Ditjen Pajak.

Itu dia jurusan yang punya peluang besar bekerja di Dirjen Pajak. Kalau kamu mau pilih jurusan yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp