Logo Caribakatmu 800x200

William Jadi Lulusan ITB Termuda, Tercepat, dan IPK Sempurna

William Jadi Lulusan ITB Termuda, Tercepat, dan IPK Sempurna
0 Shares

Menakjubkan, William Damario Lukito telah menyandang gelar s2 Teknik Telekomunikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di usia 22 tahun. Ia didaulat sebagai lulusan ITB termuda dan tercepat dengan IPK 4.0 dalam wisuda periode Juli 2022.

Alumnus Sekolah Teknik Elektro dan Informatikan (STEI) ITB tersebut menyelesaikan studi S2 dalam waktu kurang dari setahun. Ia mengambil jalur fast track Program Penyatuan Sarjana Magister ITB.

Kunci utama untuk mendapatkan IPK sempurna ala William adalah menyukai materi yang dipelajari. Berarti, mahasiswa juga perlu memiliki motivasi belajar.

“Pertama kita harus senang terhadap apa yang kita pelajari. Kita (juga) harus tahu motivasinya belajar suatu hal. Ketika sudah tahu dan matang, maka otomatis ketika mempelajari maka akan termotivasi dengan sendirinya,” ujarnya dikutip dari laman detik.com

Ketika William merasa tidak paham tentang materi yang dipelajarinya, ia mereapkan metode untuk fokus mendengarkan materi d kelas sambil mencatat hal yang belum bisa dipahami. Targetnya, minimal paham 50 persen materi yang disampaikan dosen.

Sepulang kuliah, ia akan mempelajari kembali materi yang ia catat sebelumnya. Menurutnya, metode ini sangat membantu ketika menghadapi kuis, ujian tengah semester (UTS), maupun ujian akhir semester (UAS). Tanpa perlu perlu belajar dengan sistem kebut semalam.

Kunci yang tak kalah penting lainnya, kata William, adalah memiliki teman belajar. Hal ini ia terapkan sejak masuk S1. “Teman diskusi itu sangat penting. Ketika kita tidak mengerti suatu hal, itu ada baiknya diskusi,” tuturnya.

Selain cara belajar yang konsisten tersebut, keberhasilan William tak lepas dari dukungan orang tuanya. Ia mengenang, orang tuanya menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dalam mengatur waktu hingga cara belajar. Selain itu, ia juga banyak diskusi dan berlatih sejak SD hingga SMA.

Ayah William yang juga alumnus ITB turut memotivasinya untuk bisa kuliah dengan baik di kampus almamater ayahnya itu. Ia menceritakan kerap diajak keliling kampus bersama ayahnya sejak ia TK. Hingga sekarang ia menjadi salah satu lulusan ITB termuda, terbaik dan tercepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *