Logo Caribakatmu 800x200

Ini 15 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia

Ini 15 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia
0 Shares

Madrasah Aliyah (MA) adalah jenjang sekolah lanjutan setelah menamatkan MTs. Di Indonesia terdapat 9.131 MA. Terdapat 64 yang masuk ke dalam MA terbaik versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai UTBK 2021.

Madrasah Aliyah sama seperti SMA pada umumnya. Hanya saja, SMA dikelola oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan MA dikelola oleh Departemen Agama.

Madrasah Aliyah sendiri dibagi menjadi dua yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS).

Berikut 15 Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi kamu:

1. MAN Insan Cendekia Serpong

MAN Insan Cendekia menempati peringkat 1 ranking nasional dan provinsi. Madrasah Aliyah tersebut terletak di Jl. Cendekia, BSD Sektor XI, Serpong, Tangerang Selatan.

Setiap tahunnya sejak tahun 2004, siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Serpong rutin memperoleh sejumlah medali di Olimpiade Sains Nasional. Tak hanya sampai disitu, siswa dan siswi MAN Insan Cendekia Serpong juga berkali-kali mewakili Indonesia dalam olimpiade sains internasional.

Kesuksesan akademik disempurnakan dengan keberhasilan lebih dari 97% lulusan MAN IC Serpong setiap tahunnya yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

2. MAN Insan Cendekia Gorontalo

Terletak di Kabupaten Bone Bolango, MAN Insan Cendekia Gorontalo menempati ranking nasional urutan ke-25 dan ranking provinsi ke-1. Sepuluh universitas teratas telah menjadi tempat tujuan siswa MAN Insan Cendekia Gorontalo untuk melanjutkan kuliah yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Sepuluh November.

3. MAN Insan Cendekia Pekalongan

Madrasah Aliyah yang satu ini masuk ke dalam urutan ke-34 pada peringkat nasional dan ranking 2 provinsi Jawa Tengah.

4. MAN 2 Kota Malang

MAN 2 Kota Malang terletak di Jalan Bandung No.7 Penanggungan, Klojen, Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Ranking nasional yang diperoleh yaitu urutan ke-35, kemudian jika berdasarkan peringkat provinsi Jawa Timur, MA yang satu ini menempati urutan ke-4.

5. MAN Insan Cendekia Padang Pariaman

Madrasah Aliyah terbaik selanjutnya yaitu MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. MA tersebut menempati ranking nasional urutan ke-70 dan ranking 3 provinsi Sumatera Barat.

6. MAN Insan Cendekia Kota Batam

Selanjutnya, Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia adalah MAN Insan Cendekia Kota Batam dengan ranking nasional ke-126 dan ranking 1 provinsi Kepulauan Riau.

7. MAN Insan Cendekia Oki

MAN Insan Cendekia Oki menempati ranking ke-134 pada ranah nasional dan ranking 1 provinsi Sumatera Selatan.

8. MAN Insan Cendekia Jambi

Lagi-lagi MAN Insan Cendekia masuk ke dalam Madrasah Aliyah terbaik di Indonesia. Kali ini, MAN Insan Cendekia yang terletak di Kabupaten Muaro Jambi meraih peringkat nasional ke-147 dan ranking 1 provinsi Jambi.

9. MAN Insan Cendekia Lombok Timur

MAN Insan Cendekia Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat menempati peringkat nasional ke-156 dan peringkat pertama provinsi.

10. MAS Zakaria

Selanjutnya ada MAS Zakaria yang terletak di kota Bandung. Sekolah ini meraih peringkat nasional ke-168 dan ranking 22 provinsi Jawa Barat.

MAS Zakaria sudah berdiri sejak tahun 2003. Sejak tahun 2006 hingga 2020 sebanyak 70% lulusan dari sekolah ini masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan pada tahun 2021 sebanyak 81% berhasil masuk PTN melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, dan lainnya.

12. MAN 2 Kudus

MAN Kudus menempati ranking nasional ke-179 dan ranking provinsi Jawa tengah ke-32.

13. MAN Insan Cendekia Tanah Laut

Lalu, Madrasah Aliyah terbaik selanjutnya adalah MAN Insan Cendekia Tanah Laut yang terletak di kabupaten Tanah Laut, provinsi Kalimantan Selatan. Peringkat nasionalnya urutan ke-191 dan provinsinya menempati urutan ke-2.

14. MAS Perguruan Islam Ar Risalah

Kemudian ada MAS Perguruan Islam Ar Risalah yang menempati ranking nasional ke-208 dan ranking provinsi Sumatera Barat ke-8.

MAS Perguruan Islam Ar Risalah yang berlokasi di Kota Padang merupakan salah satu madrasah terbaik dengan sistim boarding. Madrasah ini telah berhasil meluluskan 12 angkatannya dengan sebaran alumni di berbagai kampus terbaik dalam dan luar negeri.

15. MAN 2 Kota Kediri

MAN 2 Kota Kediri meriah ranking nasional ke-223 dan ranking provinsi Jawa Timur ke-36.

Dari Madrasah Aliyah di atas mana sekolah kamu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *