Logo Caribakatmu 800x200

Calista, Wisuda Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya di Usia 18 Tahun

Calista, Wisuda Jurusan Kedokteran Universitas Brawijaya di Usia 18 Tahun
0 Shares

Sabtu (17/9/2022) yang lalu Universitas Brawijaya (UB) barus saja menyelenggarakan prosesi wisuda. Salah satu yang mengikuti wisuda tersebut adalah mahasiswa Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) yang lulus pada usia 18 tahun dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,64.

Mahasiswa tersebut bernama Calista Felicia Ghaydaqila. Perempuan berjilbab itu mulai duduk di bangku Sekolah Dasar pada usia 4 tahun. Lalu lanjut ke program akselerasi di SMPN 3 Tanggerang Selatan dan SMAN 2 Tanggerang Selatan.

Setelah menyelesaikan masa studi 2 tahun di SMA, Calista masuk jurusan kedokteran melalui jalur Seleksi nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri (SNMPTN) di usia yang sangat muda yaitu 14 tahun.

Menjadi wisudawan termuda di jurusan yang tergolong sulit tersebut bukanlah perjalanan yang mudah. Untuk melaluinya Calista mempunyai trik tersendiri. Ia adalah mahasiswa yang rajin namun tidak suka memaksakan diri.

baginya kunci agar mendapat hasil yang maksimal adalah dengan belajar di waktu yang menurutnya efektif.

“Jadi saya bukan tipe yang memaksakan diri untuk belajar. Saya hanya memanfaatkan waktu yang efektif untuk belajar, misalkan saya belajar di pukul 03.00 dan kalau sudah lelah tidak akan saya lanjutkan. Kalau saya paksakan malah hanya lewat-lewat saja apa yang saya pelajari,” ungkap Calista dikutip dari laman edukasi.okezone.com.

Selesai Koas, Calista ingin mengabdikan diri menjadi dokter umum dan mengabdi di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) atau perbatasan.

Menurutnya tenaga kesehatan di daerah tersebut masih terbilang sedikit dan tidak merata. Padahal tenaga kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Mayoritas dokter banyak yang berada di Pulau Jawa atau daerah asalnya. Saya ingin sekali mengabdi di perbatasan dan menolong warga,” kata anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Keinginannya ini diharapkan bisa disetujui oleh kedua orang tuanya. Ke depan nanti kalau sudah lulus dia ingin mengambil spesialis anak karena suatu saat dia akan menjadi seorang ibu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *