Logo Caribakatmu 800x200

Dukungan Serius Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional

Dukungan Serius Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional
0 Shares

Dukungan serius untuk menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahas internasional ditunjukan SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) melalui peluncuran buku Standar Kompetensi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (SKP BIPA).

“Ini merupakan salah satu tupoksi kami, yakni meningkatkan kompetensi pengajar BIPA. Selain itu, buku SKP BIPA ini merupakan dukungan SEAMEO bagi pemerintah Indonesia dalam mempromosikan dan mempersiapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional,” ujar Direktur SEAQIL, Luh Anik Mayani, dalam webinar, Rabu (13/7/2022).

Ia menyampaikan, lahirnya buku SKP BIPA karena belum adanya SKP BIPA yang menjadi acuan bagi pengajar maupun lembaga penyelenggara BIPA dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi BIPA.

Buku tersebut sudah diseminasikan kepada 60 orang dari 57 penyelenggara BIPA di tinga kota, yakni Bali, Malang dan Yogyakarta dengan isi enam kompetensi. Yaitu, kompetensi pedagogis, profesional, kepribadian, sosial, wawasan ke-Indonesiaan, dan lintas budaya.

Direktur Guru Pendidikan Dasar Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Rachmadi Widdiharto, menyampaikan, penyusunan SKP BIPA merupakan upaya yang dilakukan dalam mewujudkan salah satu cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita itu, yakni menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu lingua franca di Asia Tenggara.

“Penyusunan SKP BIPA dipandang penting karena belum tersedianya standar kompetensi pengajar BIPA yang dapat diacu oleh lembaga penyelenggara BIPA di wilayah nasional, regional, dan internasional,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *