Ini Daftar Sekolah Kedinasan Pariwisata di Bawah Kemenparekraf

0 Shares

Ini Daftar Sekolah Kedinasan Pariwisata di Bawah Kemenparekraf

Sekolah Kedinasan juga ada yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Terdapat 6 sekolah kedinasan yang direkomendaskan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Sekolah kedinasan tersebut ersebar di Bandng, Bali, hingga Lombok. Kamu yang punya minat di industri pariwisata bisa memilih sekolah ini.

Ilmu yang dipelajari di sekolah kedinasan pariwisata ini beragam. Mulai dari Seni Kuliner, Pengaturan Perjalanan, hingga Perhotelan. Tak jarang, sekolah-sekolah ini juga memiliki fasilitas penunjang ciamik seperti restoran, bar, sampai dapur praktik.

Daftar 6 Sekolah Kedinasan Pariwisata di Indonesia

1. STP NHI Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung adalah perguruan tinggi di bawah naungan Kemenparekraf. Dulu dikenal sebagai NHI (eNHaii), STP Bandung memiliki jenjang program studi (prodi) yang cukup lengkap yakni jenjang D3, D4, S1 hingga pascasarjana.

Pada jenjang diploma dan sarjana, STP NHI Bandung mempunyai 6 prodi perhotelan, 3 prodi kepariwisataan, 4 prodi bidang perjalanan. Seleksi masuknya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP).

STP Bandung menawarkan dua beasiswa swasta yaitu Lotte Scholarship Foundation dan beasiswa Ajinomoto. Beasiswa ini ditujukan khusus untuk para mahasiswa berprestasi.

2. Politeknik Pariwisata Bali

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) menawarkan beragam bidang studi seperti perhotelan, akuntansi hospitaliti, bisnis perjalanan, hingga tata boga. Kamu bisa memilih dari jenjang D3 hingga S2.

Menurut situs resminya, Poltekpar Bali mempunyai beragam fasilitas seperti laboratorium bahasa, restoran, bar, dan dapur praktik, lapangan berolahraga, dan lain sebagainya.

Lulusan program studi Pariwisata dapat bekerja sebagai pemandu wisata, hotelier, pengusaha akomodasi pariwisata seperti hotel dan penginapan, manajer pusat rekreasi, event organizer, dan masih banyak lagi.

3. Politeknik Pariwisata Palembang

Sekolah kedinasan yang terletak di Jalan Sapta Pesona, Palembang ini menawarkan 4 prodi, yakni D4 Pengelola Konvensi dan Acara, D3 Seni Kuliner, D3 Divisi Kamar, dan D3 Tata Hidang.

Pendaftaran Poltekpar Palembang bisa melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SMMPTNP).

4. Politeknik Pariwisata Makassar

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mempunyai delapan prodi yang terbagi ke dalam jenjang D3 dan D4. Prodi ini digolongkan ke dalam 3 jurusan utama, yakni hospitality, perjalanan, dan kepariwisataan.

Poltekpar ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Mahasiswa bisa memanfaatkan perpustakaan, laboratorium praktek, hingga asrama.

5. Politeknik Pariwisata Medan

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan adalah lembaga pendidikan bidang pariwisata pertama di Medan. Menurut laman resminya, Poltekpar Medan awalnya berdiri sebagai Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) Medan pada 29 Oktober 1991. Kemudian, statusnya berubah menjadi Akademi Pariwisata Medan tanggal 12 Februari 1997.

Poltekpar menyediakan jenjang diploma dan pascasarjana, antara lain D3 Manajemen Patiseri, D3 Manajemen Divisi Kamar, D3 Manajemen Tata Boga, D3 Manajemen Tata Hidangan, D3 Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata, D3 Manajemen Usaha Perjalanan, D4 Destinasi Pariwisata, dan D4 Pengelolaan Perhotelan.

6. Politeknik Pariwisata Lombok

Terakhir ialah Politeknik Pariwisata Lombok (Poltekpar) Lombok. Poltekpar Lombok menawarkan 4 program studi yaitu D3 Seni Kuliner, D3 Tata Hidang, D3 Divisi Kamar, dan D4 Pengaturan Perjalanan.

Poltekpar Lombok juga merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemenparekraf. Kampus ini turut menawarkan berbagai sertifikasi kompetensi di samping ijazah kelulusan.

Apakah kamu berminat masuk sekolah kedinasan pariwisat di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp