Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Para Gamers

0 Shares

Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Para Gamers

Dulu bermain games adalah momok bagi pelajar. Namun, seiring perkembangan teknologi, game sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak anak-anak yang menjadikan games lebih dari sekadar hobi. Gamers telah menjadi salah satu profesi yang diidam-idamkan.

Games juga telah masuk ke dunia pendidikan. Beberapa perguruan tinggi telah membuka jurusan kuliah yang berkaitan dengan pengembangan industri games dan teknologi.

Berikut jurusan kuliah yang cocok untuk para gamers :

1. Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah salah satu jurusan yang cocok untuk seorang game developer. Para mahasiswa akan belajar tentang desain baik desain tercetak maupun desain grafis.

Nantinya, ilmu tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu developer dalam merancang desain dari game itu sendiri.

2. Digital Creative Multimedia
Jurusan selanjutnya adalah Digital Creative Multimedia. Di jurusan ini,, kamu akan belajar tentang ilmu media digital melalui pengajaran imersif dengan pemanfaatan teknologi multimedia interaktif seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, Extended Reality (Augmented & Virtual Reality), hingga Cloud Computing.

Pengetahuan ini bisa mendukung lulusan Digital Creative Multimedia untuk berkarir di dunia games.

3. Teknologi Informasi

Selain desain dan media, kamu juga bisa memilih jurusan Teknologi Informasi. Menurut situs Telkom University, jurusan ini menjadi jurusan yang paling banyak dipilih oleh para gamers.

Jurusan Teknologi Informasi mencakup pemrograman, perancangan aplikasi, dan berbagai ilmu pengetahuan berbasis komputer lainnya. Ketika kuliah, mahasiswa juga akan diajarkan langsung pengembangan teknologi termasuk dalam pembuatan game.

4. Sistem Informasi

Sistem Informasi juga menjadi jurusan yang cocok untuk kalian yang suka bermain game. Pada jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai pemrograman beserta ilmu berbasis komputer yang diintegrasikan dengan sistem bisnis.

Jurusan ini juga mempelajari banyak hal mengenai sistem informasi yang termasuk di antaranya mengenai game developing, game testing, dan lain sebagainya.

5. Teknologi Komunikasi
Lulusan Teknik Telekomunikasi juga berpeluang besar untuk berkarir di dunia game. Ketika kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai hal mengenai pemrograman dan juga berbagai hal mengenai telekomunikasi yang akan bermanfaat di dunia game.

Hobi main game bisa diwujudkan menjadi profesi yang memberikan keuntungan dengan berada pada jurusan ini.

6. Teknologi Games
Jurusan Teknologi Games yang mempelajari tentang bagaimana sebuah game atau permainan dibuat sampai bisa dimainkan oleh banyak orang.

Kamu akan belajar bagaimana merancang cerita yang ada pada game, merancang sistem pelevelan, merancang model karakter yang ada pada game, membuat animasi dan storyboard, merancang user interface, melakukan tugas-tugas programming, hingga proses produksi game tersebut dan distribusinya.

Jurusan ini termasuk baru dan hanya ada di beberapa kampus salah satunya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Kalau kamu seorang gamers, kamu mau pilih jurusan yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp