Kelas 12 Wajib Ketahui Perbedaan Program D3, D4 dan S1

Kelas 12 Wajib Ketahui Perbedaan Jenjang D3, D4 dan S1
0 Shares

Hanya tinggal hitungan bulan seleksi penerimaan mahasiswa baru 2023 akan dimulai. Siswa kelas 12 sudah harus memulai mempersiapkan diri dalam memilih program D3, D4 atau S1.

Apakah kamu sudah memutuskan mimilih program yang mana? Atau kamu bisa bingung apa perbedaan D3, D4, dan S1?

Perbedaan antara D3 dan D4 dengan S1 cukup banyak. Mulai lama waktu kuliah, gelar, kurikulum, dan prospek kerja.

Kuliah vokasi (D3 dan D4) memiliki kurikul dengan komposisi 60 persen praktik dan 40 persen teori. Sedangkan S1 kurikulumnya 60 persen teori dan 40 persen praktik.

Dikutip dari laman Masoem University, berikut perbedaan D3, D4 dan S1.

1. Seleksi Masuk

Progam Diploma 3 atau D3 bisa melalui jalur vokasi yang ada di universitas atau politeknik. Beberapa universitas yang menyediakan program D3, diantaranya Sekolah Vokasi IPB, Sekolah Vokasi UI, dan Sekolah Vokasi UB.

Untuk Diploma 4 atau D4 bisa juga melalui jalur vokasi, SNBP, atau ujian mandiri yang diselenggarakan universitas atau politeknik. Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan program D4 antara lain Universitas Padjajaran, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung.

Sedangkan untuk program Sarjana atau S1 seleksi masuknya melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

2.Sistem Kuliah

Program D3 adalah jenjang pendidikan yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar siap terjun ke dunia kerja. Oleh karena itulah, mata kuliah di program ini lebih banyak praktik daripada teori.

Mahasiswa D3 akan banyak diberi tugas dan mempraktekannya langsung. Tujuannya agar mahasiswa terbiasa dengan tugas ketika bekerja.

Mahasiswa D4 hampir serupa dengan D3. Namun mahasiswa D4 dibekali beberapa teori untuk menunjang ilmu.

Sedangkan mahasiswa S1 memiliki waktu perkuliahan lebih banyak untuk mempelajari teori dan diituntut untuk berkreasi mencari gagasan dan menemukan solusi. Sekitar 60% mata kuliah di S1 mempelajari teori, sementara 40% lainnya mempelajari ilmu praktik. Hal inilah yang membedakan S1 dengan program diploma seperti D3 dan D4.

3. Masa Studi

Masa studi D3 selama 3 tahun (6 semester dengan total 112 SKS). Agar bisa lulus mahasiswa program D3 harus menyelesaikan tugas akhir. Tugas akhir tersebut dapat berupa praktik kerja lapangan atau laporan karya tulis ilmiah. Jadi, tidak ada skripsi di program D3.

Sedangkan masa studi D4 selama 4 tahun (8 Semester dengan total 144 SKS). Sama seperti D3, mahasiswa juga diharuskan menyelesaikan tugas akhir untuk lulus perkuliahan.

Sementara masa Studi S1 selama 4 tahun (8 Semester dengan total 144-160 SKS). Agar dapat lulus dari program S1, mahasiswa diwajibkan melakukan penelitian ilmiah dan menulis skripsi.

4. Gelar Lulusan

Lulusan D3 akan menyandang gelar Ahli Madya (A.Md). Akhiran gelar Amd tersebut diikuti dengan nama jurusan yang kamu ambil. Seperti Amd.Keb untuk D3 Kebidanan, Amd.Kep untuk D3 Keperawatan, dan masih banyak lagi.

lulusan D4 akan menyandang gelar Sarjana Terapan (S.Tr.) yang diikuti dengan singkatan nama jurusan. Beberapa contoh gelar sarjana terapan adalah S.Tr.Par untuk D4 Pariwisata, S.Tr.Ak untuk D4 Akuntansi, dan S.Tr.Sos untuk D4 Pekerjaan Sosial.

Lulusan S1 akan menyandang gelar Sarjana diikuti dengan jurusan yang kamu ambil. Misalnya S.I.Kom untuk Sarjana Ilmu Komunikasi.

5. Prospek Kerja

Untuk prospek kerja sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan. Semua lulusan baik D3, D4, dan S1 mendapatkan prospek kerja yang relatif sama.

Masing-masing program pendidikan baik D3, D4 atau S1 memiliki porsi dan posisi tersendiri di perusahaan, tergantung dari bidang yang dipelajari selama kuliah.

Namun yang terpenting bagi kamu saat kuliah adalah bisa fokus untuk meningkatkan kualitas diri, baik dari segi akademik maupun non-akademik, serta meningkatkan kemampuan komunikasi agar memiliki relasi yang luas.

Nah itulah perbedaan jenjang D3, D4, dan S1 yang bisa kamu pilih setelah lulus dari bangku SMA/SMK maupun sederajat. Jadi kamu pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp