Pendaftaran STIS 2022 Dibuka, Berikut Tahapan Ujiannya

Pendaftaran STIS 2022
0 Shares

Pendaftaran STIS 2022 untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) kampus kedinasan dibawah Badan Pusat Statistik (BPS) telah dibuka untuk tahun akademik 2022/2023.

Bagi kamu yang telah melakukan pendaftaran STIS 2022 secara online sejak 9 April hingga 31 April, bisa mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan tahapan ujiannya seleksinya.

Ujian seleksi masuk Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (Polstat-STIS) terdiri dari 4 tahap yaitu tes seleksi kemampuan dasar (SKD), tes matematika, tes psikologi dan tes kesehatan. Yang perlu kamu perhatikan, setiap tahapan menggunakan sistem gugur yang artinya peserta yang tidak lulus suatu tahapan tes akan secara otomatis gugur dan tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)

Tes SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan terdiri dari tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Kepribadian (TKP). Setiap bagian memiliki ambang batas atau nilai minimal yang harus diperoleh untuk bisa lulu SKD.

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) akan menguji pemahaman kamu tentang sejarah, pancasial, undang-undang dan kewarganegaaran. Untuk bisa melewati tes ini kamu harus memperkaya wawasan dengan banyak membaca dan mencari informasi tentang implementasi nilai-nilai Pancasila.
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) berisikan soal seperti sinonim-antonim, deret atau barisan, pola gambar dan lainnya. Kamu harus rajin berlatih membahas soal-soal yang serupa.
  3. Tes Kepribadian biasanya berkaitan dengan norma/moral kehidupan sehari-hari dan keputusan-keputusan yang akan kita ambil nantinya. Khutus untuk TKP tidak ada jawaban yang benar atau salah. Karena menggunakan sistem skor dari 1-5. Semakain mendekati jawaban yang baik, makan semakin tinggi skor yang didapat.

Pada tahap SKD kamu akan menghadapi 100 soal yang terdiri dari 25 soal TWK,, 30 soal TIU dan 35 soal TKP. Semua soal itu harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. Beruntungnya tes ini tidaka menggunakan sistem minus sehingga jawaban yang benar bernilan +5 dan jawaban yang salah atau kosong bernilai 0.

Tes Matematika

Tes matematikan ini berjumlah 60 soal yang harus dikerjaan dalam 90 menit. Tes ini menggunakan sistem minus, maksudnya jawaban benar bernilai +4, jawaban salah bernilai -1 dan jawaban kosong bernilai 0. Sistem ini memerlukan strategi yang tepat agar kamu bisa memperoleh nilai maksimal

Psikotes

Tes psikologi pada pendaftaran STIS 2022 ini butuh waktu yang lama berada di dalam ruangan, kurang lebih selama 4 jam nonstop kami akan mengerjakan berbagai jenis soal seperti berikut”
1. Kraeplin yaitu menjumlahkan angka-angka dalam satu kolom dari bawah ke atas dengan waktu sesingkat-singkatnya.
2. Menggambar pohon dan orang
3. Membuat 20 deskripsi tentang diri sendiri
4. Wartegg yaitu melanjutkan pola gambar
5. Memilih hal yang paling cocok dengan diri sendiri
6. Soal perbedaan
7. Tes ketelitian

Tes Kesehatan

Tes kesehatan pada pendaftaran STIS 2022 ini sama halnya seperti medical check-ip bisa. Akan dicek fungsi panca indera, tes EKS, rontgen, tees urin dan darah. Ketika akan melakukan tes kesehatan, kamu harus berpuasa 8 jam sebeumnya. Perbanyak minum air putih, berolahraga, dan menjaga pola makan secara sehat dan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp