Logo Caribakatmu 800x200

USU Mendapatkan Akreditasi Unggul dari BAN-PT

USU Mendapatkan Akreditasi Unggul dari BAN-PT
0 Shares

Universitas Sumatera Utara (USU) raih akreditasi Unggul dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Ketetapan ini tertuang melalui sertifikat BAN-PT No. 1517/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022 dan berlaku mulai 27 September 2022 sampai 27 Februari 2023.

Akreditasi Unggul adalah peringkat akreditasi tertinggi yang diperoleh perguruan tinggi atau program studi yang memenuhi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor USU Dr. Muryanto Amin berharap prestasi tersebut dapat memicu semangat seluruh sivitas akademika supaya tetap memberikan yang terbaik baik kampusnya.

“Alhamdulillah berkat kolaborasi di setiap unit kerja mulai dari level program studi sampai universitas kita berhasil memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan sehingga berhasil meraih akreditasi Unggul,” ungkapnya mensyukuri (28/9/2022), dikutip dari laman detik.com.

Perguruan tinggi atau program studi yang mendapatkan akreditasi Unggul adalah perguruan tinggi yang sangat baik mengenai prestasi yang ada di dalamnya dan mendapatkan skor lebih dari 361 serta memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.

Salah satu syaratnya adalah memiliki bukti sahih soal praktik baik pengembangan budaya meneliti, adanya perolehan status akreditasi prodi, terdapat efektivitas pelaksanaan, serta pertimbangan jumlah publikasi jurnal dalam tiga tahun terakhir.

Muryanto menambahkan, akreditasi saat ini dipantau dengan rutin setiap bulannya melalui Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDikti). Oleh sebab itu, dia mengingatkan agar pihaknya terus semangat dalam melaksanakan berbagai tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Perolehan ini pun dikatakan karena sumbangsih semua unit kerja di USU, baik Anggota Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik (SA), dosen, mahasiswa, alumni, juga para mitra kampus.

“Masih diperlukan kerja yang fokus dan konsisten agar kita semua bisa memproduksi karya inovasi masing-masing untuk mencapai perbaikan USU menuju 500 QS WUR,” ucap pria kelahiran Medan tersebut.

Mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU dan Rektor USU termuda yang dilantik pada usia 47 tahun tersebut turut berterima kasih atas perolehan akreditasi USU dan berharap agar para pihak terkait bisa terus bekerja dengan suasana yang nyaman dan damai, agar tetap produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *