Masuk Universitas Brawijaya Harus Good Looking. Benarkah?

Masuk Universitas Brawijaya Harus Good Looking
0 Shares

Masuk Universitas Brawijaya tidak hanya menggunakan nilai rapor. Melainkan ada persyaratan tambahan, yaitu harus berpenampilan menarik atau “good looking”.

Syarat tersebut diwajibkan kepada calon mahasiswa Program Sttudi Diploma III Fakultas Vokas Universitas Brawijaya (UB). Selain itu pendaftar juga harus memenuhi syarat tinggi minimal yaitu 160 cm untuk perempuan dan 165 cm untuk laki-laki. Hal ini disampaikan melalui pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru dalam laman resmi UB.

Persyaratan tersebut menjadi viral, menanggapi hal tersebut, Ketua Departemen Bisnis dan Hospitality Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya San Rudiyanto memberikan tanggapannya.

“Aturan ini sudah lama,” ujar San Rudiyanto yang dikutip dari detik.com, Selasa (12/7/22).

Aturan masuk Universitas Brawijaya tersebut hanya diberkan pada peminatan perbankan saja. Sedangkan pajak dan akuntasi tidak diwajibkan. Menurutnya, lulusan vokasi perbankan akan ditempatkan di garda terdepan bank, sehingga syarat good looking menjadi sebuah kewajiban.

Rudianto menambahkan bahwan good looking memiliki makna yang luas. Tidak sebatas fisik, tapi kandidat yang pintar dan cakap masuk dalam kategori good looking.

Selain syarat fisik, prodi peminatan perbankan juga mensyaratkan nilai rapor. Nilai raport inilah yang menjadi syarat utama seleksi.

“Bukan wajib ya itu (syarat good looking) tapi wajibnya tetap nilai rapor,” tuturnya.

Persyaratan ini diberikan oleh bank yang bekerja sama dengan prodi perbankan UB. Hal ini karena sebelum lulus, mahasiswa akan ditempatkan magang di perusahaan-perusahaaan terkait. Setelah tes nilai, barulah kandidat diseleksi berdasarkan performa.

Berdasarkan data yang ada seetiap tahun, prodi Diploma III Keuangan Perbankan-Bidang Minat Perbankan Universitas Brawijaya akan menerima 70 sampai 100 mahasiswa. Sebelum lulus, mahasiswa akan disalurkan magang di bank yang telah bekerja sama dengan kesempatan menjadi karyawan kontrak selama tiga tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp