Rahasia MAN IC Serpong Menjadi Sekolah Terbaik

Rahasia MAN IC Serpong
0 Shares

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong pada tahun ini kembali menjadi sekolah terbaik berdasarkan nilai Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) 2022 dengan skor 666,49. Tahun lalu, sekolah tersebut juga menduduki posisi yang sama, diikuti SMA M.H. Thamrin di posisi kedua. Kita perlu cari tahu rahasia MAN IC Serpong untuk raih prestasi tersebut.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengatakan pencapaian tersebut dapat diraih karena sekolahnya menerapkan strategi pamungkas yaitu Peningkatan Mutu Akademik Siswa. Strategi tersebut terdiri dari empat hal, yaitu responsi, bimbingan UTBK, wawasan perguruan tinggi, dan potret diri.

Abdul menjelaskan pertama responsi adalah penguatan mata pelajaran dengan penambahan jam di luar jam pelajaran. Ini diperuntukkan seluruh tingkatan kelas. Bimbingan UTBK yaitu bimbingan intensif khusus kelas XII yang dilakukan di luar jam pelajaran.

“Bimbingan ini tidak mendatangkan pihak ketiga atau bimbingan belajar dari luar, melainkan dengan guru-guru yang ada di sekolah kami MAN Insan Cendekia,” ujarnya dikutip dari laman tekno.tempo.co Sabtu (10/09/2022).

Ia melanjutkan, wawasan perguruan tinggi meliputi bimbingan karir, road show alumni, kunjungan kampus dan pameran perguruan tinggi.

“Dengan adanya diskusi dan sharing dari alumni, siswa bisa memiliki pemahaman dan gambaran terkait perguruan tinggi,” jelas Abdul.

Terakhir adalah potret diri, kegiatan ini seputar penggalian potensi minat dan bakat siswa oleh psikolog hingga pendampingan pengelolaan emosional siswa.

Selain strategi tersebut, penerapan kurikulum juga berpengaruh pada prestasi siswa. MAN IC memadukan kurikulum nasional dan pesantren. Sekolah yang dinaungi Kementerian Agama itu memiliki keleluasaan untuk mengelola kurikulum sendiri, terlebih dengan adanya kurikulum Merdeka Belajar.

“Kami juga diberi kewenangan mengelola kurikulum sendiri oleh Kementerian Agama karena kami memiliki SK Dirjen Pendidikan Islam tentang pengelolaan pendidikan MAN IC,” ujarnya.

Di sejumlah mata pelajaran misalnya, ada capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang ditingkatkan. Dia mencontohkan pada mata pelajaran Matematika, di kurikulum yang ada saat ini jumlahnya hanya 4 CPL. Namun, sekolahnya menaikannya menjadi 6 CPL.

“Kalau di kami bisa kami tambah jadi 6-8 CPL,” ujarnya. Capain target itu, kata dia, dinaikain dan disesuaikan dengan kebutuhan persiapan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dan olimpiade.

Berbagai strategi tersebut menjadi rahasia MAN IC Serpon meraih banyak prestasi. Salah satunya di ajang olimpiade tingkat nasional dan internasional. Selain itu hampir semua alumni MAN IC Serpong diterima di PTN. Dari total 135 siswa kelas XII, 125 di antaranya berhasil di terima di PTN, lima siswa di perguruan tinggi luar negeri dan satu orang gap year, tiga siswa di perguruan tinggi swasta, dan satu siswa di politeknik atau sekolah kedinasan.

Dia pun berharap agar tahun depan sekolahnya bisa mempertahankan posisi sebagai sekolah terbaik. “Kami berharap bisa hattrick,” ujar Abdul.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp