Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

0 Shares

Nama Lain: 

Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi

Program studi Sistem dan Teknologi Informasi (STI) merupakan gabungan dari prodi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Serupa tapi tak sama, di prodi ini kita pastinya akan mempelajari ilmu komputer dan pemrograman, namun di prodi STI kita akan turut di bekali dengan ilmu manajemen bisnis, dan dasar-dasar pemahaman teknik elektro. Pada dasarnya, prodi ini lahir untuk menjawab segala permasalahan masyarakat akan kebutuhan teknologi informasi. Mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi dituntut untuk memahami perkembangan teknologi informasi dan kaitannya dengan nilai-nilai sosial, ekonomi, dan politik di masyarakat.

Prospek Kerja :

Perencana Bisnis Berkelanjutan, Analis Sistem Komputer, Spesialis Support Pengguna Komputer, Programmer Komputer, Manager Sistem Komputer dan Informasi, Arsitek Sistem Komputer, Developer Software dan Aplikasi, Java Programmer

Jurusan Teknik Biomedis

Program studi Teknik Biomedis adalah salah satu program studi baru dalam lingkungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Program studi Teknik Biomedis dikembangkan sebagai antisipasi terhadap perkembangan sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan.

Prospek Kerja :

Rumah sakit, Laboratorium klinik, Industri kesehatan dan farmasi, Industri perangkat lunak.

 

Jurusan Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik, yaitu mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. 

Prospek Kerja :

Ahli Teknik Elektronik, Pengajar Teknik, Ahli Teknik Mekatronik

Jurusan Informatika

Informatika merupakan ilmu yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Prospek Kerja :

Software Engineer, System Analyst dan System Integrator, Konsultan IT, Database Engineer / Database Administrator, Web Engineer / Web Administrator, Computer Network / Data Communication Engineer, Programmer

Jurusan Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi memiliki fokus pembelajaran dibidang telekomunikasi, dan bukan hanya perihal pemasangan kabel dan komunikasi jaringan sinyal radio saja, tetapi di sini juga mempelajari berbagai perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu teknik telekomunikasi juga mempelajari cara pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa.

Prospek :

Teknisi Mekanik Radio, Arsitek Jaringan Komputer, Arsitek Sistem Komputer, Programmer Komputer, Programmer Peralatan yang dikontrol oleh Komputer Numerik, Manager Sistem Komputer dan Informasi, Analis Sistem Komputer, Administrator Sistem Jaringan dan Komputer, Arsitek Database

Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Teknik Tenaga Listrik adalah bidang ilmu yang mempelajari teknik-teknik yang berhubungan dengan tenaga listrik dan permasalahannya sehingga tenaga listrik dapat disalurkan dengan baik. Teknik Tenaga Listrik secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain.

Prospek Kerja :

Analis Kontrol Kualitas, Teknisi Produksi Manufaktur, Ahli Listrik, Auditor Energi, Ahli Teknik Sistem Solar Energi, Manajer Kontrol Kualitas Sistem, Ahli Teknik Elektronik, Ahli Teknik Energi, Ahli Teknik Mesin, Ahli Teknik Manufaktur

Alumni Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp